BukBer WasPOM: Tour de BPOM Warnai Perayaan HUT ke-23 BPOM

21-02-2024 Kupang Dilihat 69 kali

Kupang - Selasa (20/02/24), bertempat di kantor Balai POM di Kupang dilaksanakan acara Buka Bersama Wawasan Pengawasan Obat dan Makanan (BukBer WasPOM) dengan tema Kosmetik Aman Jadi Pilihan. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-23 BPOM RI. Kegiatan diawali  sambutan oleh Kepala Balai POM di Kupang, Yoseph Nahak Klau, dilanjutkan dengan Tour de BPOM, mengunjungi beberapa fungsi yang ada di Balai POM di Kupang. Fungsi yang terlibat meliputi Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK),  Pemeriksaan, Penindakan, Informasi dan Komunikasi, Tata Usaha, Pengujian Kimia, dan Pengujian Mikrobiologi. 

 

Acara ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari 7 Universitas di Kota Kupang yaitu Universitas Citra Bangsa, Politeknik Pertanian Negeri Kupang, Universitas Katolik Widya Mandira, Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang, Universitas Nusa Cendana Kupang, Universitas Persatuan Guru 1945, dan Universitas San Pedro Kupang. Peserta sebanyak 34 orang semangat dan antusias mengikuti kegiatan.

 

Kegiatan BukBer WasPOM ini biasanya dilakukan secara daring dengan konsep materi tematik. Namun, spesial untuk HUT ke-23 BPOM, BukBer WasPOM dilakukan secara luring dengan konsep Tour de BPOM, menjadi bentuk kolaborasi Balai POM di Kupang dengan civitas akademika, khususnya mahasiswa sehingga bisa mengenal lebih jauh dan secara langsung memberi gambaran kegiatan pengawasan Obat dan Makanan.

 

Acara ditutup dengan kegiatan voting dan pengumuman peserta mahasiswa terbaik, fungsi terbaik, dan presenter terbaik. Diharapkan kegiatan ini dapat membentuk pemahaman mahasiwa sebagai Agen of Change  di masyarakat untuk ikut mengambil peran dalam melindungi masyarakat dari Obat dan Makanan yang membahayakan kesehatan.

Balai POM di Kupang

Sarana