Meriahkan Peringatan World Food Safety Day, BPOM di Kupang Gelar KIE di Arena Car Free Day

10-06-2024 Kupang Dilihat 141 kali

Kupang - Sabtu (08/06/2024), dalam rangka memperingati Hari Keamanan Pangan Sedunia (World Food Safety Day/WFSD) tahun 2024, Balai POM di Kupang menggelar kegiatan komunikasi, informasi, dan edukasi melalui Car Free Day (CFD) di Arena CFD, Jl. El Tari, Kupang. WFSD kali ini mengambil tema “Food Safety: Prepare For The Unexpected – Keamanan Pangan: Kesiapsiagaan untuk Kondisi yang Tidak Terduga). Di arena CFD, Balai POM di Kupang meningkatkan pemahaman peserta terhadap keamanan pangan, serta memastikan pangan aman, bermutu, dan bergizi sebelum dikonsumsi.

Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk menarik minat masyarakat yang sedang berada di CFD untuk bergabung di stand Balai POM Kupang, diantaranya: senam zumba bersama, layanan informasi dan pengaduan, layanan pengujian bahan berbahaya, serta layanan sertifikasi.

Layanan informasi diberikan dengan memberikan pemahaman mengenai pentingnya Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin edar, Kedaluwarsa) sebelum membeli pangan olahan. Sementara itu kepada pelaku usaha yang ingin mendaftarkan produk pangan olahan, diberikan layanan sertifikasi. Untuk menarik perhatian pengunjung, petugas memberikan hadiah/gimmick edukasi keamanan pangan bagi yang bisa menjawab pertanyaan seputar keamanan pangan.

Petugas juga memberikan layanan pengujian bahan berbahaya dengan melakukan sampling dan pengujian terhadap pangan olahan yang dijual di arena CFD. Dari dua puluh sampel yang diuji dengan rapid test kit, ditemukan 1 sampel pangan diduga mengandung bahan berbahaya boraks. Sampel tersebut akan diuji penegasan di laboratorium, jika hasil uji tidak memenuhi syarat, akan segera ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Keamanan pangan adalah tanggung kita bersama. Mari tingkatkan kesadaran akan pentingnya konsumsi pangan yang aman agar terhindar dari pangan yang berpotensi membahayakan kesehatan.

Balai POM di Kupang

Sarana