BPOM Kupang dan Loka POM Ende Edukasi Pedagang Pasar Rabu

15-06-2024 Kupang Dilihat 143 kali

Boawae - Kamis (13/06/2024), Balai POM di Kupang berkolaborasi dengan Loka POM di Kabupaten Ende menyelenggarakan Penyuluhan Pedagang Pasar, bertempat di Aula Kantor Cama, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo. Kegiatan penyuluhan yang dihadiri 30 orang pedagang Pasar Rabu yang berjualan ikan, pemilik kios/warung, pangan siap saji, dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran pedagang pasar agar tidak menjual bahan yang dilarang untuk pangan ataupun produk – produk yang mengandung bahan berbahaya yang dilarang untuk pangan dan pemahaman pedagang agar mampu memilih dan membeli produk yang aman

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Camat Boawae, Vitalis Bai. ”Terima kasih kepada BPOM dan Pemerintah Daerah Kabupaten Nagekeo yang sudah memilih Pasar Rabu sebagai pasar yang diintervensi tahun ini. Kita patut berbangga sehingga mari kita sama – sama mendukung agar program ini dapat berjalan dengan lancar. Pedagang pasar memiliki hak untuk menjual, tapi kita harus bisa memastikan apa yang kita jual aman. Bagaimana cara mengatur tata letak dagangan, dari mana kita ambil dagangannya, sebagai pedagang harus tetap menjamin keamanan pangan produk yang dijualnya”, ujar Vitalis. 

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Plt Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Nagekeo, Kris Ledo, tentang Pengawasan Bahan Berbahaya di Pasar Tradisional. Materi Hygiene dan Sanitasi Pasar dipaparkan oleh Apoteker Ahli Madya di Puskesmas Boawae, Ermilinda Diana D. Tonga. 

Materi tentang Keamanan Pangan, Informasi Nilai Gizi, Nomor Izin Edar, dan Cek KLIK disampaikan oleh Mega Desrani Nasution, Pejabat Fungsional Farmasi dan Makanan Balai POM di Kupang. “Bapa mama yang jualan pastikan dagangannya tetap aman. Pastikan saat menerima titipan dagangan dari luar harus Cek KLIK, kemasannya masih bagus, labelnya ada, jelas terbaca, ada izin edar dari BPOM atau Dinas Kesehatan dan ada kedaluwarsanya. Jika jualan pangan siap saji, pastikan air yang digunakan untuk membuat es dari air yang matang, jangan dari air yang mentah, jaga hygiene dan sanitasinya seperti yang tadi sudah disampaikan Ibu Ermilinda”, jelas Mega.

Materi terakhir Lima Kunci Keamanan Pangan di Sarana Peredaran dibawakan oleh Bintang Pamungkas, Pejabat Fungsional Farmasi dan Makanan Loka POM di Kabupaten Ende. “Bapa mama semua, saat menjual, jangan asal menjual dagangan tanpa memperhatikan tempat pajang. Tempat pajang harus mudah dibersihkan, cukup pencahayaan, pangan tidak diletakkan langsung di lantai, tapi memiliki jarak sekitar 15 cm sehingga tidak lembab”, pesan Bintang. 

Harapannya, peserta yang hadir dapat menjadi perpanjangan tangan BPOM untuk menyampaikan informasi yang diperoleh kepada pedagang lainnya yang tidak sempat hadir.

Keamanan pangan tanggung jawab kita bersama!

 

Balai POM di Kupang

Sarana